Halaman

Rabu, 26 Desember 2018

Tugas Pengantar Bisnis

TUGAS
MAKALAH
BISNIS MAKANAN ONLINE DI PALANGKARAYA


   
MATA KULIAH :
Pengantar Bisnis

DOSEN PENGAJAR :
M. Ruzaini Abdi, SE, M.Si
  
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2018



KATA PENGANTAR

         Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar dapat membantu saya dalam menyelesaikan penulisan makalah “Bisnis Makanan Online di PalangkaRaya”. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Bisnis. Dan tak lupa saya berterima kasih kepada Bapak M. Ruzaini Abdi, SE, M.Si selaku Dosen matakuliah Pengantar Bisnis di Universitas Palangkaraya yang telah memberikan tugas yang bermanfaat ini.

            Meskipun dalam penyusunan makalah ini saya banyak mendapatkan kesulitan, tetapi karena mendapatkan bantuan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ucapan terima kasih pun tidak lupa saya ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dan member saya masukan dalam menyelesaikan makalah ini.

            Saya berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis. Saya menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran sangat saya harapkan dalam penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa untuk dapat mempelajari serta memahami tentang Bisnis Online. Sekian dan Terima Kasih.




                                                                                                      Palangkaraya,      Maret 2018


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................ i

DAFTAR ISI.............................................................................................. ii

BAB  I PENDAHULUAN.......................................................................... 1
    1.1 Latar Belakang.................................................................................. 1
    1.2 Rumusan Masalah............................................................................. 1
    1.3 Tujuan Penulisan............................................................................... 1

BAB II PEMBAHASAN............................................................................ 2
    2.1 Pengertian Bisnis Online dan Internet Marketing.............................. 2
    2.2 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Shop................................ 3
    2.3 Pelaku Bisnis Online.......................................................................... 4
    2.4 Jenis-jenis Bisnis Online.................................................................... 4
    2.5 Pembahasan Usaha Bisnis................................................................. 5

BAB III PENUTUP.................................................................................... 8
    3.1 Kesimpulan....................................................................................... 8
    3.2 Saran................................................................................................. 8

DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 9



 BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
    Pada zaman yang semakin modern ini, sudah banyak perkembangan yang dapat kita lihat saat ini. Salah satunya ialah pengunaanSmartPhone yang semakin diminati  dan semakin bertambah setiap tahunnya. Adanya fitur-fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smarthphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari-hari. Dengan hanya bermodalkansmarthphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sangat terkenal di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
     Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju,sepatu,tas,aksesoris,kosmetik hingga makanan pun dapat kita dapatkan melalui online shop. Hanya dengan melakukan personal chat ataupun sekali ‘klik’ saja.
     Bisnis online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus adalah suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan computer yang dapat diakses melalui jaringan computer lainnya.
     Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media Internet untuk menghasilkan uang.
     Banyak sekali alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi-pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai contoh kita bisa melakukan transaksi jual beli makanan secara online yang banyak disediakan pihak produsen yang kemudian mereka promosikan di akun social media mereka  contohnya pada aplikasi Instagram , Shoope, Facebook, dll.

1.2 Rumusan Masalah
    * Pengertian bisnis online dan Internet Marketing
     * Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online
     * Pelaku Bisnis Online
     * Jenis-jenis bisnis online
     * Pembahasan Bisnis Usaha

1.3 Tujuan
    Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan bisnis di dunia yang semakin modern oleh pengaruh teknologi. Dan hal ini dapat dimaknai bahwa bisnis bisa dimulai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan berbagai teknologi sekarang ini, contohnya seperti smartphone, seseorang bisa mulai berwirausaha melalui media sosial yang juga banyak digunakan oleh masyarakat sekarang  ini. Tujuan penulisan ini bermanfaat agar dapat menambah wawasan dalam mengikuti perkembangan teknologi.


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Bisnis Online dan Marketing Online

A. Bisnis Online
     Bisnis online merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayanan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksudnya, tak harus bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasar secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer ataupun smarthphone dengan koneksi internet tersambung kita sudah dapat melakukan proses transaksi jual beli.

     Hasil survey terakhir (Desember 2011) menunjukan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop. Survey tersebut dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 desember – 6 februari  2012, (DuniaUKM,2012).

     Di Palangkaraya sendiri, belanja online atau online shop sudah mulai muncul dimana-mana. Apalagi dengan adanya dukungan media sosial seperti, facebook, instagram, whatsapp, line dll yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di jual atau di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat bisnis online semakin mudah terjadi.

     Sistem Delivery atau pengantaran barang langsung ketempat tujuan pun menambah tingkat ketertarikan konsumen untuk berbelanja online. Misalnya saja kita membeli makanan ringan seperti cemilan, kue kering  atau pun barang lainnya , dengan hanya menunggu beberapa hari kita sudah bisa menikmati makanan tersebut atau menggunakan barang yang kita inginkan.

B. Internet Marketing
     Internet marketing adalah sarana atau wadah dalam memasarkan produk maupun jasa melalui internet. Internet marketing ini merupakan aplikasi dan penerapan dari teknologi internet dan teknologi-teknolgi digital yang terkait dengan tujuan-tujuan peningkatan pemasaran. Teknologi-teknologi tersebut seperti provider internet, media internet, kabel-kabel jaringan internet, satelit, hardware, software, yang semuanya sangat menunjang percepatan internet marketing.

     Dalam kegiatan internet marketing dilakuka oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk kegiatan pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya ada dua manfaat utama internet marketing, yakni:

    


     1. Biayanya yang relative murah
     Dari aspek biaya, internet marketing relative lebih murah jika dihitung berdasarkan rasio biaya terhadap jangkauan target pemirsa. Perusahaan dapat menjangkau khalayak yang luas jika dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk dengan nyaman.

     2. Muatan Informasi yang lebih besar
     Manfaat yang lain terkait dengan internet marketing adalah tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingankan dengan media tradisonal seperti cetak, radio, dan tv, internet marketing hanya mengunakan biaya relatif rendah dibandingkan media lain.

2.2 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Shop
    
     A. Kelebihan Online Shop
     Bisnis online yang mulai menjamur ini dianggap menjanjikan bagi beberapa pihak. Keuntungan yang dihasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu bermodal took secara fisik untuk mempromosikan barang yang dijual, kita dapat mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau toko ‘virtual’ milik kita melalui internet.
     Tak hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tinggal meng’klik’ saja, menurut Iqbal Maulana,2012. Ada 7 alasan orang berbelanja online atau online shop antara lain:
1. Hemat Tenaga
2. Mengurangi Rasa Lelah
3. Tidak Repot
4. Mudah Membandingkan Harga
5. Tidak Bertatap Muka
6. Hemat Waktu
7. Nyamaan

     B. Kekurangan Online Shop
     Ada juga sebagian masyarakat yang masih takut untuk melakukan belanja online. Sebagian orang takut membeli barang online karena menganggap barang yang dilihat secara gambar masih tidak cukup sebelum melihatnya, serta diraba nya secara langsung, atau merasakan rasanya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan jika hanya melihat gambar, mengira ngira wujud dan rasanya, bisa jadi barang yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih tepatnya, mereka takut merasa kecewa atau dikecewakan dengan barang yang didapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
     Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan secara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dahulu kepada toko online, baru barang dikirim. Walaupun masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online, tetapi karena alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan mencoba belanja online bertambah sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaringan social media seperti instagram dan facebook.
2.3 Pelaku Bisnis Online

     Para pelaku dalam bisnis online, yaitu :

-         Owner, adalah seseorang yang memiliki barang atau jasa.
-         Marketer, adalah orang yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah produk tanpa memiliki produk tersebut.
-         Publisher, adalah orang yang mempunyai web atau blog dengan menyediakan ruang sebagai tempat produksi produk.

2. 4 Jenis-jenis Bisnis Online

            Dalam pengaplikasiannya bisnis online dapat di kategorikan menjadi beberapa jenis, antara lain:

1.  Affliate Marketing
Kita akan bertindak sebagai seorang pemasaran/sales dari situs bisnis tertentu dalam kerjasama / partnership dan akan mendapatkan bayaran berupa komisi jika produk yang kita pasarkan tersebut laku. Jumlah komisi biasanya beberapa persen dari harga  produk, jumlahnya tergantung dari peraturan kerjasama masing-masing situs.

2.  Reseller
Kita akan menjual informasi, misalnya anda memiliki keahlian tertentu dan menjualnya dengan jalan membuat Ebook tutorial maupun mengelola sebuah situs pengelola member yang mengharuskan mmbayar bagi member untuk bisa membaca informasi dari kita.

3.  Jualan Link
Memasang link (anchor text) ataupun banner link yang mengarah kesebuah situs tertentu dengan imblan uang, biasanya kontrak untuk ini dibaayarperbulan atau tergantung perjanjian. Ini berkaitan juga dengan bisnis iklan atau jasa backlink.

4.  Toko Oline
Menjual barang nyata melalui media internet. Kita berjualan barang pada umumnya, dengan mengelola sebuah situs yang memajangfoto,harga dan cara pemesanan aneka dagangan kita disebuah situs toko online juga disertai keterangan mengenai peraturan transaksi

5.  Jasa Online
Menyediakan jasa yang dibutuhkan oleh pembisnis lain. Misalnya, jasa web hosting, jasa pembuat web site atau seb designer, jasa kursus online, jasa konsultan, jasa delivery, dan banyak lagi.

     Jenis-jenis diatas merupakan salah satu contoh dari banyak nya jenis bisnis online yang dapat kita jalan kan.



2.5 Pembahasan Bisnis Usaha

1. Nama Usaha
     Usaha yang telah di kembangkan bernama “Dapoerkontrakan

2. Modal
     Dapoerkontrakan tidak membutuhkan modal besar. Modal ini untuk pembelian bahan baku barang jualan. Modal juga menjadi lebih kecil karena tidak memperkerjakan orang lain. Saat mulai merintis saya selaku owner nya sendiri melakukan semua pekerjaan sendiri, mulai dari belanja bahan produk, mengurus packaging, pengiriman hingga catatan pembukuan.

3. Rencana Lokasi Usaha
     Untuk mengembangkan usaha akan dilakukan iklan atau promosi pada media sosial seperti Whatsapp, LINE, Instagram dan BBM.

4. Jangkauan Pemasaran atau Target Pelanggan
     Dalam hal ini, target pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang terdapat di dalam kontak akun WA dan BBM, teman-teman pengikut instagram dan facebook kami.

5. Waktu Usaha
     Dalam usaha ini biasanya saya melakukan open order atau memulai pencatatpemesanan pada hari sebelum pembuatan produk.

6.  Perangkat Yang Digunakan
     - Smarthphone
     - Koneksi jaringan Internet

7. Jenis Produk
     Produk yang saya pasarkan adalah berupa makanan yaitu Ketan Susu pada umunya orang bingung pada saat mendengar nama ketan susu karena makanan ini bukan makan khas Kalimantan ataupun Palangkaraya makanan ini adalah makanan khas dari Negara Thailand karena pembuatan nya yang mudah dan tak perlu menggunakan banyak modal dari situlah saya mulai berani menjalanan usaha Makanan Online ini. Adapun jenis atau varian rasa yang saya tawarkan antara lain :
-         Ketan Susu dengan Toping Keju







-         Ketan Susu dengan Toping Coklat








-         Ketan Susu dengan Toping Coco Crunch










-         Ketan Susu dengan Toping Kacang
-         Ketan Susu dengan Toping Oreo
-         Ketan Susu dengan Toping mangga ( ManggoStiky Rice)


8.  Laba
     Laba dari tiap makanan yang ditawarkan berbeda, untuk hari pertama kemungkinan laba adalah 15.000-50.000 tergantung dari berapa banyak pemesanan setiap harinya.

9. Pembagian Hasil
     Kebanyakan dalam pembuatan usaha online shop jenis ini adalah perorangan, maka tidak ada pembagian hasil dengan pihak manapun.

10. Strategi Pemasaran
     - Menampilkan produk makanan dengan gambar-gambar hasil testimony atau percobaan dari pembeli sebelumnya agar menarik,mengundang dan memancing orang untuk melihat apa saja yang ditawarkan.
     - Memberikan pelayanan sebaik-baiknya
     - Memberikan harga yang terjangkau dan pas untuk kantong
     - Menyediakan jasa pesan antar dengan memberlakukan tarif ongkoskirim
     - Selalu meningkatkan kualitas rasa
     - Memperluas jangkauan promosi

11.  Konsep Pemasaran
     Dapoerkontrakan menerapkan konsep pemasaran “berwawasan menjual” dengan menggunakan sistem payment yang artinya ada uang ada barang. Saya beranggap bahwa, saya akan susah mendapatkan pelanggan dan pelanggan saya tidak akan membeli produk yang saya tawarkan dalam jumlah cukup banyak sehingga saya harus melakukan strategi penjulan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.

12. Recana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang
a. Rencana Jangka Pendek
     Melakukan promosi, promosi dilakukan dengan cara pembuatan iklan yang di pasangkan di setiap akun media sosial yang saya miliki.
b. Rencana Jangka Menengah
     Mempertahankan pelanggan yang ada
c. Rencana Jangka Panjang
     Menambah jumlah dan jenis produk yang akan di jual.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

     Bisnis online (online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayanan, dan melalui internet.
     Tak perlu harus bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasar secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer atau pun layar smarthphone dengan koneksi jaringan internet yang tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual beli secara cepat dan aman.
     Tetapi, tidak jarang hanya dilihat saja disebabkan oleh beberapa factor. Sebagian beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira-ngira wujudnya saja, bisa jadi barang yang dibeli tak sesuai dengan ekspektasi dan bayangan kita atau mereka takut kecewa dengan barang yang telah didapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu. Karena  transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dahulu kepada toko online, baru barang dikirim.
     Jenis bisnis online pun memiliki beberapa jenis, , misalnya Affliate Marketing, Reseller, Toko Online , Jasa Online. Jenis yang ditawarkan pun beragam mulai dari barang, makanan, jasa hingga informasi yang kita perlukan.

3.2 Saran

     Dalam berwirausaha kita harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko yang ditempuh. Bahwa untuk memulai suatu bisnis tidaklah mudah, nikmati saja prosesnya, pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena emas ada satu jengkal lagi.
     Upaya pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri. Bisnis Go! Binsis Mantap!



DAFTAR PUSTAKA




Didit Agus Irwantoko.(n.d). Online shopping, belanja online, amankah?

Kikifaradilla.2015.Online

Oktavia, Vincensia Leoni.2016. (online)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKNOLOGI INDUSTRI HOLTIKULTURA KLIMATRIKS

TEKNOLOGI INDUSTRI HOLTIKULTURA KLIMATRIKS   JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA 2018