TUGAS
MAKALAH
BISNIS MAKANAN ONLINE DI PALANGKARAYA
MATA KULIAH :
Pengantar Bisnis
DOSEN PENGAJAR :
M. Ruzaini Abdi, SE, M.Si
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PALANGKARAYA
2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar dapat membantu saya dalam menyelesaikan penulisan makalah “Bisnis Makanan Online di PalangkaRaya”. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas matakuliah Pengantar Bisnis. Dan tak lupa saya berterima kasih kepada Bapak M. Ruzaini Abdi, SE, M.Si selaku Dosen matakuliah Pengantar Bisnis di Universitas Palangkaraya yang telah memberikan tugas yang bermanfaat ini.
Meskipun dalam penyusunan makalah ini saya banyak mendapatkan kesulitan, tetapi karena mendapatkan bantuan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ucapan terima kasih pun tidak lupa saya ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu saya dan member saya masukan dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis. Saya menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran sangat saya harapkan dalam penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa untuk dapat mempelajari serta memahami tentang Bisnis Online. Sekian dan Terima Kasih.
Palangkaraya, Maret 2018
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................ i
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................... 1
1.1 Latar Belakang.................................................................................. 1
1.2 Rumusan Masalah............................................................................. 1
1.3 Tujuan Penulisan............................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN............................................................................ 2
2.1 Pengertian Bisnis Online dan Internet Marketing.............................. 2
2.2 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online Shop................................ 3
2.3 Pelaku Bisnis Online.......................................................................... 4
2.4 Jenis-jenis Bisnis Online.................................................................... 4
2.5 Pembahasan Usaha Bisnis................................................................. 5
BAB III PENUTUP.................................................................................... 8
3.1 Kesimpulan....................................................................................... 8
3.2 Saran................................................................................................. 8
DAFTAR PUSTAKA................................................................................. 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada zaman yang semakin modern ini, sudah banyak
perkembangan yang dapat kita lihat saat ini. Salah satunya ialah
pengunaanSmartPhone yang semakin diminati
dan semakin bertambah setiap tahunnya. Adanya fitur-fitur social media
yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smarthphone ini
tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung
dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian
karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari-hari. Dengan hanya
bermodalkansmarthphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan
fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha
yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya.
Saat ini ada satu tren yang sangat terkenal di dunia, bahkan di Indonesia,
yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
Berbagai macam
barang bisa kita dapatkan secara online. Dari
baju,sepatu,tas,aksesoris,kosmetik hingga makanan pun dapat kita dapatkan
melalui online shop. Hanya dengan melakukan personal chat ataupun sekali ‘klik’
saja.
Bisnis online
terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau
aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan
laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan
konsumennya. Sedangkan kata online menurut kamus adalah suatu kegiatan yang
terhubung melalui jaringan computer yang dapat diakses melalui jaringan
computer lainnya.
Jadi dapat
disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang
dilakukan di media Internet untuk menghasilkan uang.
Banyak sekali
alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi-pundi rupiah dari bisnis online.
Sebagai contoh kita bisa melakukan transaksi jual beli makanan secara online
yang banyak disediakan pihak produsen yang kemudian mereka promosikan di akun
social media mereka contohnya pada
aplikasi Instagram , Shoope, Facebook, dll.
1.2 Rumusan Masalah
* Pengertian bisnis online dan Internet Marketing
* Kelebihan dan
Kekurangan Bisnis Online
* Pelaku Bisnis
Online
* Jenis-jenis
bisnis online
* Pembahasan
Bisnis Usaha
1.3 Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui perkembangan
bisnis di dunia yang semakin modern oleh pengaruh teknologi. Dan hal ini dapat
dimaknai bahwa bisnis bisa dimulai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja.
Dengan berbagai teknologi sekarang ini, contohnya seperti smartphone, seseorang
bisa mulai berwirausaha melalui media sosial yang juga banyak digunakan oleh
masyarakat sekarang ini. Tujuan
penulisan ini bermanfaat agar dapat menambah wawasan dalam mengikuti
perkembangan teknologi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Bisnis Online dan Marketing Online
A.
Bisnis Online
Bisnis
online merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke penjual
realtime, tanpa pelayanan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah
paradigma proses membeli barang atau jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau
mall. Maksudnya, tak harus bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak
perlu menemukan wujud pasar secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar
monitor computer ataupun smarthphone dengan koneksi internet tersambung kita
sudah dapat melakukan proses transaksi jual beli.
Hasil survey
terakhir (Desember 2011) menunjukan bahwa 36% dari seluruh transaksi
perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online
shop. Survey tersebut dapat menjadi tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan
konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan
periode antara 5 desember – 6 februari
2012, (DuniaUKM,2012).
Di Palangkaraya
sendiri, belanja online atau online shop sudah mulai muncul dimana-mana. Apalagi
dengan adanya dukungan media sosial seperti, facebook, instagram, whatsapp,
line dll yang dapat sangat berguna untuk mempromosikan produk yang ingin di
jual atau di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang membuat
bisnis online semakin mudah terjadi.
Sistem Delivery
atau pengantaran barang langsung ketempat tujuan pun menambah tingkat
ketertarikan konsumen untuk berbelanja online. Misalnya saja kita membeli
makanan ringan seperti cemilan, kue kering
atau pun barang lainnya , dengan hanya menunggu beberapa hari kita sudah
bisa menikmati makanan tersebut atau menggunakan barang yang kita inginkan.
B.
Internet Marketing
Internet
marketing adalah sarana atau wadah dalam memasarkan produk maupun jasa melalui
internet. Internet marketing ini merupakan aplikasi dan penerapan dari
teknologi internet dan teknologi-teknolgi digital yang terkait dengan
tujuan-tujuan peningkatan pemasaran. Teknologi-teknologi tersebut seperti
provider internet, media internet, kabel-kabel jaringan internet, satelit,
hardware, software, yang semuanya sangat menunjang percepatan internet
marketing.
Dalam kegiatan
internet marketing dilakuka oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang
diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk kegiatan pemasaran
terus meningkat pesat. Setidaknya ada dua manfaat utama internet marketing,
yakni:
1. Biayanya yang relative murah
Dari
aspek biaya, internet marketing relative lebih murah jika dihitung berdasarkan
rasio biaya terhadap jangkauan target pemirsa. Perusahaan dapat menjangkau
khalayak yang luas jika dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional.
Sifat medianya memungkinkan konsumen memeriksa dan membandingkan produk dengan
nyaman.
2. Muatan Informasi yang lebih besar
Manfaat
yang lain terkait dengan internet marketing adalah tersedianya sejumlah besar
informasi. Dibandingankan dengan media tradisonal seperti cetak, radio, dan tv,
internet marketing hanya mengunakan biaya relatif rendah dibandingkan media
lain.
2.2 Kelebihan dan
Kekurangan Bisnis Online Shop
A. Kelebihan Online Shop
Bisnis
online yang mulai menjamur ini dianggap menjanjikan bagi beberapa pihak.
Keuntungan yang dihasilkan juga tak patut di pertanyakan lagi. Tak perlu
bermodal took secara fisik untuk mempromosikan barang yang dijual, kita dapat
mempromosikan lewat gambar yang selanjutnya di pajang di website atau toko
‘virtual’ milik kita melalui internet.
Tak
hanya memiliki kelebihan dalam segi kemudahan saja, dimana kita tinggal
meng’klik’ saja, menurut Iqbal Maulana,2012. Ada 7 alasan orang berbelanja
online atau online shop antara lain:
1. Hemat Tenaga
2. Mengurangi Rasa Lelah
3. Tidak Repot
4. Mudah Membandingkan Harga
5. Tidak Bertatap Muka
6. Hemat Waktu
7. Nyamaan
B. Kekurangan Online Shop
Ada
juga sebagian masyarakat yang masih takut untuk melakukan belanja online.
Sebagian orang takut membeli barang online karena menganggap barang yang
dilihat secara gambar masih tidak cukup sebelum melihatnya, serta diraba nya
secara langsung, atau merasakan rasanya secara langsung. Sebagian lagi
beranggapan jika hanya melihat gambar, mengira ngira wujud dan rasanya, bisa
jadi barang yang dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau
lebih tepatnya, mereka takut merasa kecewa atau dikecewakan dengan barang yang
didapatkannya setelah melakukan transfer sejumlah uang tertentu.
Karena
transaksi sebagian besar online shop, dilakukan secara mengirimkan sejumlah
uang tertentu terlebih dahulu kepada toko online, baru barang dikirim. Walaupun
masih banyak orang yang masih ragu dengan berbelanja online, tetapi karena
alasan kenyamanan, mereka yang memutuskan mencoba belanja online bertambah
sangat cepat. Terlihat dari banyaknya toko online di jejaringan social media
seperti instagram dan facebook.
2.3 Pelaku Bisnis
Online
Para pelaku
dalam bisnis online, yaitu :
-
Owner, adalah seseorang
yang memiliki barang atau jasa.
-
Marketer,
adalah orang yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah produk tanpa
memiliki produk tersebut.
-
Publisher,
adalah orang yang mempunyai web atau blog dengan menyediakan ruang sebagai
tempat produksi produk.
2. 4 Jenis-jenis
Bisnis Online
Dalam
pengaplikasiannya bisnis online dapat di kategorikan menjadi beberapa jenis,
antara lain:
1. Affliate Marketing
Kita akan bertindak sebagai seorang pemasaran/sales dari
situs bisnis tertentu dalam kerjasama / partnership dan akan mendapatkan
bayaran berupa komisi jika produk yang kita pasarkan tersebut laku. Jumlah
komisi biasanya beberapa persen dari harga
produk, jumlahnya tergantung dari peraturan kerjasama masing-masing
situs.
2. Reseller
Kita akan menjual informasi, misalnya anda memiliki
keahlian tertentu dan menjualnya dengan jalan membuat Ebook tutorial maupun
mengelola sebuah situs pengelola member yang mengharuskan mmbayar bagi member
untuk bisa membaca informasi dari kita.
3. Jualan Link
Memasang link (anchor text) ataupun banner link yang
mengarah kesebuah situs tertentu dengan imblan uang, biasanya kontrak untuk ini
dibaayarperbulan atau tergantung perjanjian. Ini berkaitan juga dengan bisnis
iklan atau jasa backlink.
4. Toko Oline
Menjual barang nyata melalui media internet. Kita
berjualan barang pada umumnya, dengan mengelola sebuah situs yang
memajangfoto,harga dan cara pemesanan aneka dagangan kita disebuah situs toko
online juga disertai keterangan mengenai peraturan transaksi
5. Jasa Online
Menyediakan jasa yang dibutuhkan oleh pembisnis lain.
Misalnya, jasa web hosting, jasa pembuat web site atau seb designer, jasa
kursus online, jasa konsultan, jasa delivery, dan banyak lagi.
Jenis-jenis
diatas merupakan salah satu contoh dari banyak nya jenis bisnis online yang
dapat kita jalan kan.
2.5 Pembahasan
Bisnis Usaha
1. Nama Usaha
Usaha yang
telah di kembangkan bernama “Dapoerkontrakan”
2.
Modal
Dapoerkontrakan
tidak membutuhkan modal besar. Modal ini untuk pembelian bahan baku barang
jualan. Modal juga menjadi lebih kecil karena tidak memperkerjakan orang lain.
Saat mulai merintis saya selaku owner nya sendiri melakukan semua pekerjaan
sendiri, mulai dari belanja bahan produk, mengurus packaging, pengiriman hingga
catatan pembukuan.
3.
Rencana Lokasi Usaha
Untuk
mengembangkan usaha akan dilakukan iklan atau promosi pada media sosial seperti
Whatsapp, LINE, Instagram dan BBM.
4.
Jangkauan Pemasaran atau Target Pelanggan
Dalam
hal ini, target pelanggan usaha online shop ini adalah semua orang yang
terdapat di dalam kontak akun WA dan BBM, teman-teman pengikut instagram dan
facebook kami.
5.
Waktu Usaha
Dalam
usaha ini biasanya saya melakukan open order atau memulai pencatatpemesanan
pada hari sebelum pembuatan produk.
6. Perangkat Yang Digunakan
- Smarthphone
- Koneksi jaringan Internet
7.
Jenis Produk
Produk
yang saya pasarkan adalah berupa makanan yaitu Ketan Susu pada umunya orang
bingung pada saat mendengar nama ketan susu karena makanan ini bukan makan khas
Kalimantan ataupun Palangkaraya makanan ini adalah makanan khas dari Negara
Thailand karena pembuatan nya yang mudah dan tak perlu menggunakan banyak modal
dari situlah saya mulai berani menjalanan usaha Makanan Online ini. Adapun
jenis atau varian rasa yang saya tawarkan antara lain :
-
Ketan Susu dengan Toping Keju
-
Ketan Susu dengan Toping Coklat
-
Ketan Susu dengan Toping Coco Crunch
-
Ketan Susu dengan Toping Kacang
-
Ketan Susu dengan Toping Oreo
-
Ketan Susu dengan Toping mangga ( ManggoStiky
Rice)
8. Laba
Laba
dari tiap makanan yang ditawarkan berbeda, untuk hari pertama kemungkinan laba
adalah 15.000-50.000 tergantung dari berapa banyak pemesanan setiap harinya.
9.
Pembagian Hasil
Kebanyakan
dalam pembuatan usaha online shop jenis ini adalah perorangan, maka tidak ada
pembagian hasil dengan pihak manapun.
10.
Strategi Pemasaran
- Menampilkan produk makanan dengan gambar-gambar
hasil testimony atau percobaan dari pembeli sebelumnya agar menarik,mengundang
dan memancing orang untuk melihat apa saja yang ditawarkan.
- Memberikan pelayanan sebaik-baiknya
- Memberikan harga yang terjangkau dan pas untuk
kantong
- Menyediakan jasa pesan antar dengan
memberlakukan tarif ongkoskirim
- Selalu meningkatkan kualitas rasa
- Memperluas jangkauan promosi
11. Konsep Pemasaran
Dapoerkontrakan
menerapkan konsep pemasaran “berwawasan menjual” dengan menggunakan sistem
payment yang artinya ada uang ada barang. Saya beranggap bahwa, saya akan susah
mendapatkan pelanggan dan pelanggan saya tidak akan membeli produk yang saya
tawarkan dalam jumlah cukup banyak sehingga saya harus melakukan strategi
penjulan yang lebih baik dan gencar melakukan promosi.
12.
Recana Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang
a. Rencana Jangka Pendek
Melakukan
promosi, promosi dilakukan dengan cara pembuatan iklan yang di pasangkan di
setiap akun media sosial yang saya miliki.
b. Rencana Jangka Menengah
Mempertahankan
pelanggan yang ada
c. Rencana Jangka Panjang
Menambah jumlah
dan jenis produk yang akan di jual.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bisnis online
(online shop) merupakan proses pembelian barang atau jasa oleh konsumen ke
penjual realtime, tanpa pelayanan, dan melalui internet.
Tak perlu harus
bertemu penjual atau pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud pasar
secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer atau pun
layar smarthphone dengan koneksi jaringan internet yang tersambung, kita dapat
melakukan transaksi jual beli secara cepat dan aman.
Tetapi, tidak
jarang hanya dilihat saja disebabkan oleh beberapa factor. Sebagian
beranggapan, jika hanya melihat gambar, dan mengira-ngira wujudnya saja, bisa
jadi barang yang dibeli tak sesuai dengan ekspektasi dan bayangan kita atau
mereka takut kecewa dengan barang yang telah didapatkannya setelah melakukan
transfer sejumlah uang tertentu. Karena
transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah
uang tertentu terlebih dahulu kepada toko online, baru barang dikirim.
Jenis bisnis
online pun memiliki beberapa jenis, , misalnya Affliate Marketing, Reseller,
Toko Online , Jasa Online. Jenis yang ditawarkan pun beragam mulai dari barang,
makanan, jasa hingga informasi yang kita perlukan.
3.2 Saran
Dalam
berwirausaha kita harus memiliki keinginan yang kuat dan menerima segala resiko
yang ditempuh. Bahwa untuk memulai suatu bisnis tidaklah mudah, nikmati saja
prosesnya, pegang teguh komitmen dan fokus, jangan berhenti menggali, karena
emas ada satu jengkal lagi.
Upaya
pengembangan usaha harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan
masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan usaha maka akan
mengurangi pengangguran di dalam negeri. Bisnis Go! Binsis Mantap!
DAFTAR PUSTAKA
Didit Agus Irwantoko.(n.d). Online shopping, belanja
online, amankah?
(http://nevafarrell.blogspot.com/2011/07/online-shopping-belanja-online-amankah.html, diakses 6 maret 2018)
Kikifaradilla.2015.Online
(http://kikifaradilla.wordpress.com/2015/04/16/makalah-tentang-bisnis-online/, diakses 6 maret 2018)
Oktavia, Vincensia Leoni.2016. (online)
(http://leonivincensiaug.blogspot.co.id/2016/10/makalah-bisnis-online-shop-marketing.html, diakses 6 maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar